Masih Mau Suntik Vitamin C untuk Pemutih Kulit? Baca Dulu Efeknya

pemutih kulit

Untuk sebagian orang, suntik vitamin C merupakan suatu kebutuhan demi memperoleh kulit yang putih dan mulus. Tapi tahukah Anda, bahwa ternyata suntik vitamin C juga ternyata memiliki efek yang kurang baik. Pada artikel kali ini, akan dibahas mengenai efek buruk dari suntik vitamin C pemutih kulit bagi tubuh, beberapa di antaranya adalah :

Merusak Ginjal Dan Hati

Efek buruk dari suntik vitamin C yang pertama adalah membuat kerja ginjal dan hati menjadi berkali lipat lebih berat. Hal ini dikarenakan vitamin C yang terkandung di dalamnya ikut larut dalam air. Ini akan terjadi ketika Anda menyuntikan vitamin C dengan dosis mencapai angka 4 gram dengan banyak penyuntikan seminggu sekali. Menurut majalah kesehatan News Medical sebenarnya kebutuhan vitamin C harian manusia dewasa adalah :

  • 75-90 mg per hari
  • Batas maksimal vitamin C yang boleh masuk ke vitamin C adalah 2000 mg

Jadi bisa Anda bayangkan bagaimana jika vitamin C yang masuk kedalam tubuh melebihi kapasitas dan daya tampung sebenarnya.

Dampak buruk yang berikutnya ketika Anda berlebihan menyuntikkan vitamin C ke tubuh adalah dapat memicu timbulnya pembentukan batu ginjal dan bisa menimbulkan gangguan penyerapan mineral di dalam tubuh yang sangat diperlukan seperti tembaga, misalnya.

  • Thalasemia

Thalasemia merupakan keadaan di mana terjadi kelainan darah di dalam tubuh. Saat hemoglobin yang sebenarnya bisa memproduksi secara cukup, karena hal ini menyebabkan produksi akan menurun. Hemoglobin ini merupakan jenis protein yang sangat membantu dalam pembentukan sel darah merah. Penyuntikan vitamin C dengan dosis tinggi dan berlebihan dapat memicu potensi timbulnya thalasemia.

Memicu Timbulnya Kanker

Efek samping ketiga yang merupakan efek samping dari menyuntikkan vitamin secara berlebihan ke dalam kulit hanya demi mendapatkan kulit yang putih adalah memicu timbulnya kanker. Bisa Anda bayangkan, hanya karena menginginkan kulit tubuh yang putih, Anda mempertaruhkan kesehatan dan masa depan Anda sendiri. Yang kembali jadi masalah di sini adalah dosis tinggi dari penyuntikkan vitamin C dan asupan vitamin C yang tinggi ke dalam tubuh. Penyuntikkan dengan dosis yang terlalu tinggi diiringi dengan pemakaian  dan jumlah asupan yang tinggi dan terlalu sering bisa dengan cepat menibulkan sel-sel kanker di tubuh.

Baca Juga :  Cara Memutihkan Wajah secara Alami

Banyak  pendapat yang mengatakan bahwa tumbuhnya sel kanker hanya disebabkan gaya hidup yang tidak sehat dan asupan dari banyaknya makanan cepat saji, tetapi juga bisa disebabkan oleh tingginya konsentrasi dan asupan vitamin C ke dalam tubuh.

  • Kegemukan

Percaya atau tidak, suntik vitamin C yang berlebihan bisa menyebabkan ketidak seimbangan hormon pada tubuh dan ternyata hal tersebut bisa memacu munculnya kegemukan di tubuh.

  • Masuk Penjara

Selain tidak baik bagi kesehatan dan mengancam jiwa, bagi dokter atau pun pelaku yang memberikan jasa untuk menyuntikkan vitamin C secara berlebihan ke dalam tubuh pasienya akan mendapatkan hukuman penjara. Di Australia misalnya, dokter yang menyediakan jasa suntik vitamin C bahkan menyediakan vitamin C nya akan langsung masuk penjara.

Sementara di Amerika sendiri tidak pernah ada dokter ataupun terapis kecantikan yang menyarankan pasiennya yang mengidamkan kulit putih untuk suntik vitamin C. Bahkan di Afrika suntik vitamin C ini sudah sejak 20 tahun lalu dilarang dan tidak pernah lagi dilakukan.

Itulah tadi beberapa dampak buruk suntik vitamin C sebagai pemutih kulit yang berlebihan terhadap tubuh. Putih bukan indikator cantik atau tidaknya seseorang. Maka, janganlah merusak diri dan kesehatan Anda untuk hal-hal indah yang semu.

Related Post