Perawatan Rambut Rontok yang Praktis

perawatan rambut rontok

Rambut mengalami rontok berlebihan secara tiba-tiba? Tentu saja akan sangat mengkhawatirkan. Apalagi jika kerontokkan rambut terjadi disertai dengan masalah-masalah lain, seperti kulit kering, rambut patah, dan ketombe. Sebenarnya apa penyebab rambut tiba-tiba mengalami kerontokkan, dan bagaimana perawatan untuk rambut rontok tersebut?

Sebelum kamu memahami perawatan rambut rontok yang tepat, cobalah untuk memahami pola yang terjadi pada rambutmu yang mengalami kerontokan

Pola-1  : Telogen Effluvium

Pola ini terjadi ketika lebih dari 20% folikel kamu masuk ke fase telogen sehingga mengurangi jumlah folikel yang tumbuh secara aktif. Hal ini yang mengakibatkan hilangnya volume rambut sampai mengalami kerontokan berlebih, hingga sampai bisa mengalami kebotakan. Pada pola ini ditandai dengan ciri kerontokan yang terjadi dari seluruh kulit kepala dan tubuh.

Pola-2 : Androgenik Alopecia

Kondisi ini dikenal dengan kebotakan pada wanita dan bersifat hormonal. Rambut mulai mengalami kerontokan saat testosteron hormon seks laki-laki diubah menjadi dihidrotestoren dan mulai menyerang folikel rambut. Karena serangan tersebut, rambut menjadi tidak berguna dan menghambat pertumbuhan rambut selanjutnya.

Setelah memahami pola kerontokan rambut, yang perlu kamu ketahui selanjutnya adalah perawatan rambut rontok yang tepat. Memeriksakan kondisi fisik ke dokter dan melakukan perawatan rambut rontok di salon merupakan cara yang paling umum dilakukan dan praktis, namun kamu juga bisa melakukan beberapa perawatan rambut rontok praktis di bawah ini

1.      Memahami secara pasti penyebab kerontokan rambut

Sebelum melakukan perawatan rambut rontok, hal yang paling utama adalah kamu harus mengetahui penyebab pasti rambut rontokmu, jangan sampai kamu salah diagnosa. Apabila rambut rontok secara berlebihan diikuti dengan keadaan tubuh yang makin lemah, sering mimisan, dan persendian kaku, bisa jadi penyebabnya adalah sebuah penyakit. Namun apabila rambut mengalami kerontokan hanya disertai gejala yang ringan seperti kulit kepala kering dan ketombe, maka tandanya memang ada yang bermasalah dengan kulit kepalamu.

Baca Juga :  Some by Mi Toner, Wajah Anti-iritasi dan Segar Setiap Hari

2.      Menjaga kesehatan kulit kepala

Perawatan rambut rontok selanjutnya adalah selalu menjaga agar kulit kepalamu tetap sehat. Kulit kepala yang tidak sehat merupakan salah salah satu penyebab kerontokan parah. Perawatan terhadap rambut rontok parah juga akan lebih ekstra. Maka dari itu kamu perlu menjaga kesehatan kulit kepala dengan cara memberikan asupan yang sesuai dengan kebutuhan kulit kepalamu.

3.      Menggunakan sisir rambut yang tepat

Siapa sangka ternyata penggunaan sisir yang tidak tepat menjadi salah satu penyebab kerontokan rambut. Sisir yang mempunyai jarak gigi dekat-dekat akan menyumbang kerontokan rambut yang lebih banyak dibanding dengan sisir yang memiliki jarak gigi yang lebih jauh. Menggunakan sisir dengan kondisi rambut masih basah juga menjadi penyumbang kemungkinan terjadinya kerusakan. Rambut yang rusak akan sangat rentan mengalami kerontokan.

4.       Memilih produk perawatan rambut yang sesuai

Salah menggunakan produk perawatan rambut juga mengalami pengaruh untuk kondisi rambutmu. Rambut bisa saja mengalami kerusakan jika shampo yang kamu gunakan tidak sesuai dengan kebutuhan. Misalnya jika kulit kepalamu kering, maka kamu harus memilih shampo yang memiliki asam lemak tinggi, sehingga kulit kepalamu tidak kering dan sehat. Perawatan rambut rontok dengan menggunakan shampo yang tepat sangat dianjurkan, kamu bisa mencoba beberapa produk perawatan rambut dengan memilih shampoo yang sesuai kebutuhan rambutmu.

perawatan rambut rontok

5.      Menggunakan perawatan rambut rontok tradisional

Semua cara sebelumnya sudah kamu lakukan, dan ternyata rambutmu masih mengalami kerontokan parah? Tandanya kamu perlu melakukan perawatan rambut rontok parah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Bahan-bahan yang bisa kamu gunakan sebagai perawatan rambut rontokmu di antaranya adalah carrier oil (minyak pelarut) seperti minyak kelapa, jarak, kemiri, zaitun, maupun almond. Bahan-bahan tersebut bisa kamu gunakan dengan cara mengoleskan pada rambut secara merata semalaman, paginya bilas rambutmu dengan shampo. Selain praktis, bahan-bahan ini juga mudah untuk didapatkan.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan 5 Bahan Alam Ini!

Related Post